Ketahuilah, Begini Standar Medis Kompetisi Profesional PSSI

Ketahuilah, Begini Standar Medis Kompetisi Profesional PSSI
PSSI. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Semua pertandingan sepak bola, mau amatir ataupun profesional, menjadi wilayah PSSI. Karena itu, saat ada salah satu pesepak bola bernama Monang Sianturi yang meninggal dunia ketika bermain dalam ajang Bupati Muara Enim Cup, beberapa waktu lalu, layak dijadikan perhatian.

Pasalnya, belum 100 hari penjaga gawang Persela Lamongan Choirul Huda meninggal dunia, kabar duka lainnya datang. Sepak bola yang seharusnya menggembirakan, kini menjadi mengkhawatirkan.

Pemain Timnas M Taufiq mengungkapkan, bahwa memang dari panitia pelaksana pertandingan atau Panpel harus siap. Karena itu, harus diperhatikan betul apa saja aspek medis yang diperlukan.

Melihat regulasi Liga 1, sejatinya aturan ini sudah cukup jelas tertera dalam Pasal 54 regulasi Liga 1. Standar ini, seharusnya juga menjadi rujukan penyelenggaraan even-even sepak bola di level terbawah.

Bagi pengamat sepak bola M Kusnaeni, fasilitas medis harus ada walaupun itu hanya sebatas ambulans dan dokter yang memberikan pertolongan pertama.

"Jarang sekali kita melihat ambulans dan petugas medis hadir di sana. Padahal mereka yang main di tarkam kondisinya umumnya jauh di bawah pemain liga profesional. Ini memang sangat ironis. Tapi seharusnya juga menjadi pelajaran bagi PSSI untuk semakin serius menangani masalah kesehatan dan keselamatan pemain," terangnya.

Pantauan JPNN saat mengikuti kompetisi liga antarkampung, tidak semua menyiapkan fasilitas dengan baik. Bahkan, turnamen antarmedia saja, juga tidak bisa melengkapi diri selengkap Liga 1. Namun, untuk tim medis, ambulans, dan seluruh kelengkapan pertolongan pertama, sudah tersedia di dalam ambulans tersebut.

Kelengkapan itu menjadi tanggung jawab penyelenggara pertandingan, kalau laga tersebut tak digelar home and away. Kalau dalam laga kandang tandang, maka fasiilitas medis itu menjadi tanggung jawab penuh tuan rumah. Hal ini diatur dalam Pasal 54 di Regulasi Liga 1 2017.(dkk/jpnn)

Semua pertandingan sepak bola, mau amatir ataupun profesional, menjadi wilayah PSSI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News