Sepak Bola Gembira Berujung Duka

Mau Liga Desa atau Tarkam Tetap Jadi Tanggung Jawab PSSI

Mau Liga Desa atau Tarkam Tetap Jadi Tanggung Jawab PSSI
M Taufiq saat ditemui di hotel Timnas. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Insiden meninggalnya Monang Sianturi, pesepak bola antar kampung di Muara Enim, Sumatera Selatan, membuat banyak kalangan prihatin.

Setelah gelandang Timnas Indonesia M Taufiq mengutarakan kesedihan dan pendapatnya tentang apa yang harusnya dilakukan, kini giliran pengamat sepak bola M Kusnaeni angkat bicara.

Pria yang karib dipanggil Bung Kus itu menuturkan, bahwa kejadian seperti ini dalam sebuah sepak bola tarkam harusnya tak perlu terjadi.

"Yang pertama, saya prihatin. Ini insiden yang mestinya tidak terjadi. Apalagi setelah kejadian meninggalnya Choirul Huda yang pasti mengagetkan dan menarik perhatian banyak orang," katanya, saat dihubungi Rabu (22/11).

Menurut Kusnaeni, urusan sepak bola itu ya tetap menjadi urusan PSSI. Mau liga desa atau tarkam, lanjutnya, tak bisa dilepaskan PSSI, meskipun itu bukan menjadi tanggung jawab langsung.

Bahkan, Kusnaeni menyebut PSSI juga perlu menyebarkan atau mengedarkan sebuah surat edaran yang berisi regulasi standar penyelenggaraan pertandingan di tingkat amatir yang meliputi liga desa juga tarkam.

"Pokoknya ngatur urusan bola itu wilayah PSSI. Apalagi menyangkut urusan teknis begitu," tegas dia. (dkk/jpnn)


Insiden meninggalnya Monang Sianturi, pesepak bola antar kampung di Muara Enim, Sumatera Selatan, membuat banyak kalangan prihatin.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News