Ketahuilah, Ini Manfaat Kentang Ungu Bagi Kesehatan

Ketahuilah, Ini Manfaat Kentang Ungu Bagi Kesehatan
Kentang Ungu. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com, JAKARTA - Kentang ungu, seperti kebanyakan anggota keluarga kentang lainnya, tumbuh di pegunungan Andes di Amerika Selatan.

Kentang ungu ini menonjol karena kulit luarnya yang hampir hitam atau biru-ungu dan daging bagian dalamnya yang berwarna ungu cemerlang, yang tidak berubah warna bahkan setelah dimasak.

Ada banyak varietas sayuran ini yang tersedia seperti ungu fiesta, purple peruvian, all blue dan adirondack blue.

Kentang ungu memiliki tekstur yang padat dan bersahaja dibandingkan dengan kentang putih.

Selain itu, kandungan pati dalam kentang ungu menjadi perhatian karena bisa meningkatkan risiko diabetes, masalah jantung dan obesitas.

Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kentang ungu ini merupakan makanan tambahan yang berwarna namun sehat untuk diet karena penuh dengan nutrisi lain.

Seratus gram kentang ungu yang disajikan bersama kulitnya mencakup 18 persen dari asupan harian yang diperlukan (RDI) vitamin B6, 14 persen RDI vitamin C, 21 persen RDI tembaga, 8 persen RDI vitamin B6 dan kalium.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan utama lainnya yang didapat dari makan satu porsi kentang ungu bersama makanan Anda yang lainnya, seperti dilansir laman MSN, Kamis (19/12).

Antioksidan dalam kentang dapat mencegah kanker, terutama kanker usus besar dan payudara.

Sumber antikanker

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News