Ketahuilah, Makanan Bisa Menentukan Kapan Menopause Dimulai

Ketahuilah, Makanan Bisa Menentukan Kapan Menopause Dimulai
Gejala menopause. Foto: ilustrasi

jpnn.com - Ada banyak informasi di luar sana tentang apa yang harus dimakan selama menopause atau perimenopause untuk membantu dengan gejala-gejala.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kelompok makanan tertentu bisa memengaruhi usia di mana menopause dimulai.

Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 14.000 wanita Inggris oleh University of Leeds dan diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, menunjukkan bahwa makan makanan sehat seperti ikan berminyak dan legum segar (seperti kacang polong dan kacang hijau) dikaitkan dengan menopause yang terlambat.

Di sisi lain, tingginya tingkat konsumsi pasta putih dan nasi halus dikaitkan dengan menopause sejak awal.

"Usia di mana menopause dimulai bisa memiliki implikasi kesehatan yang serius bagi beberapa wanita," kata profesor epidemiologi nutrisi dan kesehatan masyarakat di Sekolah Ilmu Makanan dan Nutrisi di Universitas Leeds dan rekan penulis studi tersebut, Janet Cade, seperti dilansir laman Sheknows.

"Pemahaman yang jelas tentang bagaimana diet memengaruhi dimulainya menopause alami akan sangat bermanfaat bagi mereka yang mungkin sudah beresiko atau memiliki riwayat keluarga dengan komplikasi tertentu terkait dengan menopause," jelas Cade.

Tapi itu bukan hanya menopause. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa awal menopause dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih rendah, osteoporosis dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Ini terkait dengan risiko yang lebih tinggi untuk kanker payudara, ovarium dan endometrium.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kelompok makanan tertentu bisa memengaruhi usia di mana menopause dimulai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News