Ketemu SBY, Menlu Tiongkok Bahas Laut China Selatan

Ketemu SBY, Menlu Tiongkok Bahas Laut China Selatan
Ketemu SBY, Menlu Tiongkok Bahas Laut China Selatan
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kemarin (10/8), menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Yang Jiechi di Kantor Presiden. Isu mengenai Laut China Selatan yang sempat hangat dalam pertemuan tingkat menlu ASEAN tak luput dari pembicaraan.

Staf Khusus Presiden Teuku Faizasyah menuturkan, persoalan Laut China Selatan saat ini tengah dalam tahap penyelesaian DOC (Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea). "Ada keperluan untuk fokus pada penyelesaian DOC menuju CoC (code of conduct)," kata Faizasyah.

Menurutnya, penyelesaian itu merupakan tindak lanjut dari kesepakatan dalam pertemuan di Bali tahun lalu antara ASEAN dan Tiongkok. "Ini penting dalam kerangka kepentingan keamanan di kawasan," ujarnya.

Mantan juru bicara kementerian luar negeri itu menjelaskan, Tiongkok menunjukkan respon positif dalam penyelesaian pembahasan tersebut. "Mereka juga berkomitmen terus menyelesaikan substansi dari DOC," kata Faizasyah.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, kemarin (10/8), menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Yang Jiechi di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News