Ketika Rizal Ramli Bicara soal Turis dan Toilet

Ketika Rizal Ramli Bicara soal Turis dan Toilet
Rizal Ramli. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli begitu semangat saat membuka rapat koordinasi nasional (rakornas) Kepariwisataan 2015. 

Dalam acara tersebut mantan Kepala Bulog ini optimistis Indonesia bisa meningkatkan sektor pariwisata hingga 2019.

Eitss, tapi tunggu dulu, menurut Rizal ada satu hal yang tidak boleh disepelekan, yakni mengenai kebersihan. Bicara kebersihan memang terdengar sepele dan klise, namun faktor ini sangat mempengaruhi.

"Yang paling penting kebersihan! (Indonesia) jangan jadi kota turis kalau toilet aja nyarinya susah, kotor. Kita (harusnya) buat mereka (turis) betah (berkunjung ke Indonesia)," ucap Rizal di Hotel Mercure, Jakarta, Kamis (29/10).

Mantan menko perekonomian era Gus Dur ini yakin pemerintah daerah (Pemda) harusnya bisa memenuhi dan menyediakan fasilitas toilet yang bersih. Sebab, untuk meningkatkan jumlah turis yang datang ke Indonesia, pemerintah membutuhkan bantuan Pemda setempat.

"Masa ngurus toiletnya aja Pemda kagak bisa? Itu harus diperbaiki," tandas pria berkacamata ini. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli begitu semangat saat membuka rapat koordinasi nasional (rakornas) Kepariwisataan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News