Ketika Sumpah Pemuda Diikrarkan Bung Karno Sedang Apa?

Ketika Sumpah Pemuda Diikrarkan Bung Karno Sedang Apa?
Bung Karno. Foto: Istimewa.

jpnn.com - APA yang sedang diperbuat Bung Karno ketika "anak-anak bandel" di Jakarta mempersiapkan, menggelar kongres,  merumuskan dan memproklamirkan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928?

=======

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network 

=======

Mencuplik cerita langsung dari Bung Karno, sebagaimana dikisahkan Cindy Adams dalam buku Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, dirinya "tak ketinggalan mendukung sumpah khidmat Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa. Di tahun 1928 itu untuk pertamakali kami menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya."

I Gede Sandra, peneliti dari Lingkar Studi Perjuangan (LSP), dan juga dosen di Universitas Bung Karno (UBK) yang pernah meneliti Soekarnografi, Soekarnoisasi dan Soekarnoisme, mengatakan bahwa ada sumber sejarah yang menyebut Si Bung hadir di Kramat 106 ketika Kongres Pemuda II yang merumuskan Sumpah Pemuda.

"Bung Karno yang hari itu berusia 27 tahun adalah ketua Partai Nasional Indonesia. Meski tidak terlalu berlama, dia sempat datang dan duduk di belakang menyaksikan para aktivis pemuda dan mahasiswa berkongres."

Bung Karno sendiri, tahun 1928 itu menyebut…"Aku menganggap diriku sebagai seorang pemberontak!"

APA yang sedang diperbuat Bung Karno ketika "anak-anak bandel" di Jakarta mempersiapkan, menggelar kongres,  merumuskan dan memproklamirkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News