Ketika Tentara Amerika Nyanyikan Lagu “Goyang Dumang”

Ketika Tentara Amerika Nyanyikan Lagu “Goyang Dumang”
US Navy tampil di Surabaya. Foto: Jawa Pos/JPG

jpnn.com - SURABAYA - SMA Barunawati kedatangan tamu istimewa kemarin. Yaitu para personel Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) yang mengawaki kapal USNS Millinocket. Kemeriahan terasa saat tentara-tentara bule itu mengikuti acara sport day dan public concert. Mereka terlihat membaur dengan para siswa.

Agar suasana semakin akrab, diadakan pertandingan basket. Tentu saja pertandingan kekeluargaan. Tim Babels dari SMA Barunawati dan tim US Navy tampak bersiap di tengah lapangan sejak pukul 08.00. Para siswa yang menonton adu basket itu bersorak girang. Sebelum bertanding, mereka melakukan tos.

Pertandingan berlangsung seru. Matahari pagi yang cukup terik tidak menyurutkan antusiasme para pemain. Semangat mereka makin menjadi ketika tim suporter dari SMA Barunawati menabuh drum dan meneriakkan yel-yel ala suporter bola.

Suara dukungan dan tepuk tangan kian ramai ketika tim Babels mencetak skor. Teriakan para suporter Babels tidak sia-sia. Sebab, tim kesayangan mereka unggul 28:23.

Setelah puas bertanding basket, para siswa dihibur dengan penampilan band US Navy yang menyanyikan delapan lagu. Sejumlah lagu penuh semangat pun ditampilkan. Tak ketinggalan, personel TNI-AL ikut unjuk tiga lagu.

Para siswa juga tak mau kalah dengan menyajikan dua band dan modern dance. Kehadiran tim US Navy itu dimanfaatkan para siswa untuk berfoto selfie. "Cheese!!!" sorak mereka dengan girang.

Kepala SMA Barunawati Samian mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara TNI-AL dan US Navy yang sedang mengadakan latihan bersama. US Navy tidak hanya berkunjung untuk berlatih bersama, tapi juga melakukan bakti sosial dan melibatkan generasi muda melalui unsur sekolah.

Pihaknya menyambut hangat kedatangan US Navy ke sekolah. Menurut dia, kunjungan itu kian membuka akses untuk kerja sama pendidikan global. Hal tersebut sesuai dengan visi-misi SMA Barunawati untuk mewujudkan lembaga pendidikan berstandar global dengan lulusan berkualitas dan berkarakter.

Selama ini, jelas Samian, belum ada kerja sama jangka panjang antara US Navy dan sekolahnya. Sebab, levelnya memang berbeda. "Ini kerja sama militer, latihan bersama, tapi setidaknya kami sudah punya pengalaman," katanya.

Kedatangan US Navy ke SMA Barunawati kemarin didampingi Mayor Laut (P) Nabil dari TNI-AL. Public Affair Officer US Navy LCDR Arlo Abrahamson sangat mengapresiasi sambutan hangat siswa. Menurut dia, antusiasme siswa cukup tinggi ketika bertanding basket. "Ini tantangan bekerja sama dengan anak muda. Saya harap bisa mempererat hubungan kerja sama di masa mendatang," tuturnya.

Arlo menyebutkan, US Navy sudah bekerja sama dengan TNI-AL selama 20 tahun. Dia menilai, Indonesia dan Amerika sangat berbeda. Terutama dalam hal budaya. Karena itu, dia senang bisa mengetahui budaya Indonesia dan berkenalan dengan masyarakat secara langsung.

Para personel US Navy itu juga mengunjungi Kantor Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika untuk Surabaya. Di sana, grup band US Navy Orient Express tampil. Mereka membawakan lagu-lagu top 40 di hadapan 300 tamu. Para undangan sangat kaget ketika tentara bule itu mampu membawakan lagu Goyang Dumang yang dipopulerkan Cita Citata. Seluruh undangan pun ikut bergoyang, diiringi lirik sang vokalis Holden Moyer.

 "Ayo semua goyang," ujarnya.

Penampilan Orient Express disambut baik oleh Konsul Jenderal AS di Surabaya Heather Variava. Dia memang sengaja mengundang 300 pengunjung melalui aplikasi online. "Mereka bisa merasakan pengalaman menikmati musik langsung dari para tentara Amerika Serikat di konsulat," paparnya. (puj/all/c7/oni

 


SURABAYA - SMA Barunawati kedatangan tamu istimewa kemarin. Yaitu para personel Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) yang mengawaki kapal USNS


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News