Ketua Adat Anim Ha: Provinsi Papua Selatan Wajib Didukung

Ketua Adat Anim Ha: Provinsi Papua Selatan Wajib Didukung
Wilayah Papua layak dimekarkan lagi. Ilustrasi Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Adat Anim Ha Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, dan Kabupaten Asmat Paskalis Imadawa mendukung Daerah Otonom Baru (DOB) di Provinsi Papua.

Dia menyebutkan alasan mendukung DOB Papua Selatan yakni berharap adanya sebuah keadilan dalam pemerataan pembangunan. Baik pembangunan infrastruktur, sarana prasarana maupun pembangunan SDM.

"Jadi kita di selatan Papua sangat jauh tertinggal dengan mereka yang di sekitar Jayapura dan Pegunungan. Bahkan pegawai-pegawai, pejabat kita tidak ada yang dipromosikan sama sekali ke tingkat Provinsi," jelasnya.

Paskalis menegaskan, perjuangan untuk mewujudkan pembentukan DOB Papua Selatan sudah sangat jauh dan tidak ada kata untuk pikir-pikir kembali. Ia menyampaikan dengan jujur, lapang dada, sebagian besar masyarakat Papua ingin secepatnya DOB hadir di Papua.

"Dari sisi SDM khususnya pendidikan, yang menikmati pendidikan dana otsus, pendidikan ke luar negeri ada program 1000 doktor, itu dicanangkan Gubernur. Tapi yang masuk anak anak pegunungan, anak-anak sekitar Jayapura dan anak anak Sorong," ungkap Paskalis dalam keterangannya, Senin (9/5).

Paskalis membeberkan, pembangunan maupun peningkatan kualitas pendidikan di Selatan Papua tidak tersentuh sama sekali.

Paskalis menginginkan agar DOB bisa secepatnya dieksekusi. Dia juga tidak ambil pusing dengan adanya penolakan di Papua Tengah, Pegunungan.

"Silahkan mereka tolak tapi kita tidak. Jadi jangan digeneralisir oleh petinggi NKRI orang Papua menolak DOB. Kita mendukung sepenuhnya adanya DOB untuk pemerataan pembangunan," tambahnya.

Ketua Adat Anim Ha Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, dan Kabupaten Asmat Paskalis Imadawa mendukung Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News