Ketua Banggar DPR Baru Harus Hadapi Isu Penting Ini

Ketua Banggar DPR Baru Harus Hadapi Isu Penting Ini
Azis Syamsudin. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Politikus Partai Golkar Azis Syamsudin dilantik menjadi Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR menggantikan Kahar Muzakir.

Anggota Banggar dari fraksi Golkar, Hetifah menjelaskan, bahwa sosok Aziz tak diragukan lagi kemampuannya.

"Aziz adalah tokoh muda dengan kemampuan akademis yang tinggi dan kepemimpinan yang sudah teruji," katanya, Rabu (22/2) di komplek DPR RI.

Rapat penetapan Ketua Banggar sendiri, dipimpin oleh Ketua DPR RI, Fadli Zon.

Pada 2017 ini, Hetifa menyebut tugas Ketua Banggar bakal berat. Meski ekonomi Indonesia tumbuh, Ternyata anggaran mengalami pelebaran defisit.

"Pada APBN 2017 saja, defisit diperkirakan 2,41 persen terhadap PDB atau sekitar Rp 330,2 triliun. Harapan yang mengemuka adalah agar Banggar bisa menjadi mitra kritis pemerintah karena saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan besar terkait anggaran akibat melebarnya defisit anggaran," tegas dia.

Hetifa menyebut fungsi pengawasan Banggar ada dalam posisi yang penting. Dengan anggaran yang terbatas, harus bisa mensukseskan upaya pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, dan pengurangan kesenjangan.

Dia juga menyebutkan, ada beberapa isu penting yang akan menjadi pebahasan di Banggar bersama Pemerintah. Isu itu antara lain mengawasi kemampuan pemerintah meningkatkan penerimaan baik pajak maupun penerimaan negara bukan pajak.

 Politikus Partai Golkar Azis Syamsudin dilantik menjadi Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR menggantikan Kahar Muzakir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News