Ketua BNSP Tinjau Sertifikasi Kompetensi Perhotelan di Pullman Jakarta

Ketua BNSP Tinjau Sertifikasi Kompetensi Perhotelan di Pullman Jakarta
Ketua BNSP Kunjung Masehat memberikan sambutan. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Kunjung Masehat mengatakan, sertifikasi kompetensi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Hal itu sesuai dengan program pemerintah, yaitu mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing demi mewujudkan Indonesia Maju.

"Sertifikasi kompetensi merupakan tugas dari BNSP sebagai sebuah badan yang diberi otoritas oleh negara untuk melakukan sertifikasi sekaligus mempercepat tumbuh kembang SDM unggul," tutur Kunjung.

Dia menjelaskan hal tersebut saat menghadiri sekaligus meninjau sertifikasi kompetensi bidang perhotelan yang digelar Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Rajawali Hospitality Nusantara (RHN), di Pullman Hotel Jakarta, Rabu (9/9).

“Pengembangan SDM ini dicanangkan dalam rangka melihat daya saing sekarang. Kami tahu bahwa pada saat ini tingkat kompetitif masih kurang, tidak jauh-jauh dari Vietnam. Bahkan di beberapa aspek justru lebih unggul,” kata Kunjung.

Dia menambahkan, pembangunan SDM adalah prioritas utama pemerintah di bawah kepemimpinan kedua Presiden Jokowi, 2019-2024, tak terkecuali SDM di bidang perhotelan.

"Upaya pemerintah, bahwa pada tahun 2015-2019 adalah menggalakkan program infrastruktur, tetapi di dua tahun terakhir sudah digeser ke pembangunan SDM," ucap Kunjung.

"Makanya di tahun 2019-2024 ini dicanangkan SDM unggul, salah satunya melalui uji kompetensi seperti yang diselenggarakan hari ini,” imbuhnya.

Sertifikasi kompetensi merupakan tugas dari BNSP sebagai sebuah badan yang diberi otoritas oleh negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News