Ketua DPD RI: Dalami Motif Pemudik Gunakan Sampan Arungi Selat Bali

Ketua DPD RI: Dalami Motif Pemudik Gunakan Sampan Arungi Selat Bali
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan dukacita kepada pemudik yang menggunakan sampan untuk mengarungi Selat Bali.

Dalam perjalanan, seorang pemudik terlempar dan belum ditemukan hingga kini.

Kelima pemudik ini diketahui berangkat dari Bali menuju Banyuwangi, Jawa Timur. LaNyalla meminta pihak terkait mendalami motif para c menggunakan sampan yang keamanannya tidak terjamin.

"Pertama, tentu saya sampaikan dukacita yang mendalam atas hal tersebut. Kedua, saya meminta agar motif kelima pemudik tersebut nekat menggunakan sampan mengarungi Selat Bali agar diusut. Apa motif sesungguhnya di balik aksi nekat mereka," kata LaNyalla, Kamis (5/5/2022).

Senator asal Jawa Timur itu menyayangkan aksi nekat yang dilakukan kelima pemudik tersebut. Menurut dia, aksi nekat tersebut sesungguhnya tak perlu terjadi.

Namun, entah apa yang melatarbelakangi aksi nekat mereka, sehingga memilih menggunakan sampan untuk menyeberang ke Banyuwangi daripada menggunakan jasa kapal motor dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang.

"Saya kira masalah ini perlu mendapat perhatian serius. Sebab, kita tidak tahu apa motif mereka sehingga nekat menggunakan sampan," ujarnya.

LaNyalla menilai beberapa kemungkinan aksi nekat mereka tempuh, salah satunya dilatarbelakangi faktor ekonomi. Selain faktor ekonomi, faktor persyaratan menempuh perjalanan juga turut disorot.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan dukacita kepada pemudik yang menggunakan sampan untuk mengarungi Selat Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News