Ketua DPD RI Terima Delegasi Protokoler Sumbar

Ketua DPD RI Terima Delegasi Protokoler Sumbar
Ketua DPD RI Terima Delegasi Protokoler Sumbar
JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan lembaga yang saat ini dia pimpinan merupakan satu-satu simbol daerah yang ada di sistem Parlemen Indonesia. Lembaga ini menurut Irman, lahir atas sebagai salah satu amanat reformasi.

Hal tersebut dikatakan Irman Gusman didampingi Kabag Pemberitaan DPD Mahyu Dharma saat menerima kunjungan Delegasi Protokoler kabupaten, kota dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), ke kantor DPD, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (4/4).

Sebelum reformasi bergulir, kawasan ini hanya diisi oleh dua lembaga negara yakni Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). "Memasuki tahun 2004, komplek Parlemen ditempati oleh tiga lembaga negara yakni MPR, DPR dan DPD," kata Irman Gusman kepada delegasi Protokoler kabupaten, kota dan provinsi Sumbar yang dipimpin oleh Asisten III Setda Sumbar, Sudirman Gani.

Selain DPD yang lahir sebagai amanat reformasi, ada dua lembaga lainnya yakni Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Yudisial dengan tugas khusus masing-masing mengawal konstitusi dari berbagai potensi penyelewengan dan mengawasi para hakim dalam bekerja.

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan lembaga yang saat ini dia pimpinan merupakan satu-satu simbol daerah yang ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News