Ketua DPR Menyoroti Manajemen Penanggulangan Bencana

Ketua DPR Menyoroti Manajemen Penanggulangan Bencana
Bambang Soesatyo (kanan). Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyampaikan dukacita kepada para korban tsunami di Banten dan Lampung, tanah longsor di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) serta musibah lainnya di beberapa wilayah Indonesia.

Ketua DPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan parlemen meminta kepada pemerintah untuk terus meningkatkan mitigasi bencana. “Sehingga dapat memperkecil jatuhnya korban jiwa,” kata Bamsoet dalam Rapat Paripura Pembukaan Masa Sidang III Tahun Sidang 2018-2019 di gedung parlemen, Jakarta, Senin (7/1).

Legislator Partai Golongan Karya (Golkar) itu menyoroti masih lemahnya manajemen penanggulangan bencana di Indonesia. Menurut dia, informasi mengenai bencana juga masih minim.

“Harus diakui manajemen bencana kita masih tergolong lemah. Early warning system tidak berfungsi dengan baik sehingga masyarakat tidak mempunyai informasi mengenai bencana yang akan terjadi di wilayahnya,” kritik Bamsoet.

Mantan ketua Komisi III DPR itu menuturkan, parlemen mendukung penuh pemerintah dalam melakukan rehabilitasi, rekonstruksi, dan pemulihan dampak bencana serta memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Dia mengingatkan bahwa sudah saatnya perencanaan pembangunan, pengelolaan tata ruang dan tata kota serta penyusunan anggaran memperhatikan sungguh-sungguh kondisi Indonesia yang berada di kawasan cincin api yang rawan dengan bencana.

“Ini merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi DPR dan pemerintahan yang akan datang,” ujar politikus berlatar belakang wartawan dan pengusaha tersebut.(boy/jpnn)


Ketua DPR Bambang Soesatyo menyoroti masih lemahnya manajemen penanggulangan bencana di Indonesia. Menurut dia, informasi mengenai bencana juga masih minim.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News