Ketua KASN : Beberapa Kementerian Dikuasai Staf Khusus

Ketua KASN : Beberapa Kementerian Dikuasai Staf Khusus
Ketua KASN : Beberapa Kementerian Dikuasai Staf Khusus

jpnn.com - JAKARTA--Peranan staf khusus di kementerian mendapat sorotan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Menurut Ketua KASN Sofyan Effendi, saat ini ada kecenderungan staf khusus memegang peranan paling utama dibanding jabatan pimpinan tinggi (JPT) utama dan madya seperti dirjen, deputi, serta kepala biro.

"Ada beberapa kementerian yang kami lihat "dikuasai" staf khusus. Posisi pejabat karir malah hanya sebagai pelengkap," ujar Sofyan di Jakarta, Jumat (8/5).

Seharusnya kata Sofyan, pejabat karir mendapatkan peranan utama, karena yang bersangkutan lebih mengetahui keadaan di dalan suatu instansi. Sedangkan peran staf khusus sifatnya hanya sementara (selama menteri masih menjabat).

"Celakanya staf khusus lebih besar pengaruhnya ketimbang pejabat karir. Saya tidak tahu apakah ini karena staf khusus adalah orang dekatnya menteri atau bagaimana," ujarnya.

Itu sebabnya dalam pengisian JPT utama atau madya untuk orang-orang di luar pejabat karir harus diajukan lewat presiden. Jika tidak, pimpinan instansi akan semaunya menempatkan orang dekatnya masuk dalam posisi JPT utama/madya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Peranan staf khusus di kementerian mendapat sorotan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Menurut Ketua KASN Sofyan Effendi, saat ini ada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News