JPNN.com

Ketua Komisi II: Apa Salahnya Calon Tunggal di Pilkada?

Kamis, 11 Januari 2018 – 18:34 WIB Ketua Komisi II: Apa Salahnya Calon Tunggal di Pilkada? - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali mengatakan, fenomena banyaknya calon tunggal di Pilkada Serentak 2018 tidak menjadi persoalan. Menurut dia, calon tunggal menandakan bahwa figur yang diusung tersebut sudah sangat baik.

"Tidak apa-apa ya, berarti dia kan bagus, mendapat dukungan dari semua partai. Salahkah?" kata Amali di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (11/1).

Sebelumnya, Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan, ada 19 daerah yang menggelar pilkada yang calonnya hanya satu pasangan.

Antara lain di Kabupaten Lebak, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, Kabupaten Minahasa, dan Prabumulih.

Menurut Amali, tidak menjadi masalah jika seorang calon berhasil mendapatkan dukungan semua partai politik. Dia membantah hal ini sebagai kegagalan parpol melakukan kaderisasi mencari pemimpin daerah.

"Saya tidak melihat itu. Saya lebih melihat bahwa partai sudah mempertimbangkan dengan baik," ujar politikus Partai Golkar ini.

Dia mencontohkan, jika partainya melihat seorang calon memiliki elektabilitas tinggi, tentu akan diprioritaskan untuk didukung.

Apalagi, jika sosok tersebut merupakan kader partai berlambang pohon beringin tentu menjadi prioritas. "Apalagi kalau dia sudah disurvei paling tinggi," tegasnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...