Ketua MA Sindir KY

Ketua MA Sindir KY
Ketua MA Sindir KY
JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung (MA), Harifin Tumpa sindir Komisi Yudisial (KY) yang mengawasi jalanya sidang perkara terdakwa teroris Abu Bakar Ba’asyir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Menurutnya, KY tak boleh mencampuri proses persidangan yang sementara berjalan. Yang harus dilakukan KY adalah pengawasan terhadap hakim yang menerima suap atau neko-neko.

"Apakah hakimnya terima suap atau neko-neko, itu yang harus diawasi,” kata Ketua MA Harifin A Tumpa usai sholat Jum’at di Gedung MA Jakarta, Jum’at (1/4).

Harifin mengingatkan Komisi Yudisial agar tidak mencampuri proses persidangan yang tengah berjalan sampai sidang diputuskan. Karena menurutnya, tidak hanya KY, MA sendiri tidak berhak untuk mengintervensi majelis hakim. “Majelis Hakim kan melaksanakan hukum acara, siapapun tidak boleh melakukan intervensi termasuk MA sendiri,” tegasnya. 

Sebelumnya, Kepala Bagian Penindakan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial (KY), Suparman Marzuki mensiyalir majelis hakim yang menangani perkara kasus terorisme Abu Bakar Ba"asyir berpihak ke jaksa. Kesimpulan awal itu diperoleh setelah KY menerima pengaduan kuasa hukum Ba"syir.

JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung (MA), Harifin Tumpa sindir Komisi Yudisial (KY) yang mengawasi jalanya sidang perkara terdakwa teroris Abu Bakar Ba’asyir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News