Ketua MK Anwar Usman Menghilang, Satu Jam Kemudian..

Ketua MK Anwar Usman Menghilang, Satu Jam Kemudian..
Ketua Majelis Hakim Konstitusi Anwar Usman saat sidang sengketa hasil Pilpres 2019. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sidang sengketa pemilu legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (26/7) kemarin menyita pehatian. Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman yang memimpin sidang mendadak digantikan hakim lain. Anwar harus pergi berobat ke rumah sakit karena kelelahan.

Jadwal sidang sengketa pemilu legislatif di MK memang begitu padat merayap. Hampir setiap hari sidang digelar. Maklum, ada 122 perkara yang harus segera diputus. Mungkin karena harus terus-terusan memimpin sidang, Anwar pun kelelahan. Sampai harus pergi ke rumah sakit.

Awalnya, Anwar bersama Hakim Enny Nurbaningsih dan Arief Hidayat memimpin sidang untuk tujuh perkara di Provinsi Papua Barat. Sidang yang beragendakan pemeriksaan saksi dimulai pukul 08.15 WIB. Sidang berjalan seperti biasa. Para saksi disumpah terlebih dahulu sebelum memberi kesaksian. Sampai sidang diskors pukul sebelas siang, tak ada kejadian yang aneh-aneh.

Keanehan baru terlihat saat sidang dilanjutkan selepas istirahat salat Jumat, sekitar pukul dua siang. Saat itu, Anwar sudah tak tampak di kursi ketua hakim. Tempat duduknya digantikan oleh Enny Nurbaningsih. Sementara di kursi Enny, duduk Wahiduddin Adams.  Sidang pun dibuka oleh Enny Nurbaningsih. “Skors dicabut. Sidang kembali dilanjutkan,” kata Enny.

Mengetahui keheranan yang terlihat di wajah peserta sidang, Enny pun menjelaskan bahwa Anwar sakit. "Sebelumnya, mungkin heran hakimnya ganti, ini karena Pak Anwar Usman izin sedang sakit, terkena virus. Kemarin saya (yang sakit), mudah-mudahan nanti Pak Arief tidak, ini posisi saya diganti sama Yang Mulia Wahiduddin menggantikan posisi saya, saya menggantikan posisi Yang Mulia Anwar Usman," ucapnya.

BACA JUGA: Ketua MK Kembali Tegaskan Hanya Takut Allah

Sidang pun kembali dilanjutkan mendengarkan saksi. Setelah satu jam berjalan, tiba-tiba Enny menskors sidang selama sepuluh menit. Ada apa? Rupanya, Anwar kembali ke ruang sidang. Sidang pun kembali dilanjutkan dan dipimpin langsung Anwar. Saat sidang dimulai, Anwar mengatakan dirinya tadi harus pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya di rumah sakit di kawasan Serpong.

"Alhamdulillah saya sudah kembali. Tadi memang saya harus pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatan saya. Jadi setelah sampai rumah sakit, yang terbayang wajah bapak-bapak, ibu-ibu ini, jadi saya kembali lagi," kata Anwar.

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman sudah tak terlihat di kursinya setelah istirahat salat Jumat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News