Ketua MPR Ajak Alumni Menwa Mengamalkan Sumpah Pemuda

Ketua MPR Ajak Alumni Menwa Mengamalkan Sumpah Pemuda
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan Zulkifli saat menghadiri upacara Hari Ulang Tahun Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) ke-37 d Pangkalan TNI Angkatan Laut, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/10). Foto: Humas MPR

jpnn.com, MALANG - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan Zulkifli mengajak para alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) untuk menjadi pelopor, 6 agen, dan model perubahan untuk menularkan rasa cinta Tanah Air dan memperkuat persatuan bangsa.

“Alumni Menwa harus menjadi yang terdepan untuk mengokohkan persatuan,” kata Zulkifli saat menghadiri upacara Hari Ulang Tahun Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) ke-37 d Pangkalan TNI Angkatan Laut, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/10).

Menurut Zulkifli, tujuan Indonesia merdeka adalah bersatu untuk bisa berdaulat. Ia menegaskan, dalam kedaulatan akan terwujud keadlilan dan kesejahteraan.

“Masalah keragaman sudah selesai sejak Indonesia merdeka. Saatnya mengokohkan pesatuan untuk kedaulatan negara demi terciptanya keadilan dan kesejahteraan,” ungkap Zulkifli yang juga merupakan Ketua IRMI.

Dalam sambutannya, Zulkifli mengingatkan peristiwa Sumpah Pemuda. Ia mengatakan bahwa abad ke-20 lahir organisasi-organisasi pegerakan seperti Budi Utomo, Syarikat Islam, dan Muhammadiyah. Puncaknya dalam Kongres II Pemuda lahirnya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1028.

“Sumpah Pemuda merupakan bentuk kesediaan pemuda dari berbagai latarbelakang untuk bersatu dalam nusa, bangsa, dan bahasa Indonesia,” ujar Zulkifli.

Pada kesempatan itu, Zulifli juga mengajak alumni Menwa menjadi untuk menjadi garda terdepan dalam menerapkan komitmen Sumpah Pemuda dan semboyan ‘Pejuang, Pemikir, Pemikir Pejuang’.

Ia juga bercerita bahwa saat ini merah putih terkoyak karena fenomena saling menista, konflik di Pilkada, dan banyaknya pejabat yang ditangkap KPK.

Para alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) agar menjadi pelopor dan model perubahan untuk menularkan rasa cinta Tanah Air dan memperkuat persatuan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News