Ketua MPR Ajak Seluruh Elemen Bangsa Wujudkan Pemilu 2024 yang Damai dan Bermartabat

Ketua MPR Ajak Seluruh Elemen Bangsa Wujudkan Pemilu 2024 yang Damai dan Bermartabat
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat menghadiri Silaturahmi Nasional Anak Bangsa 2023 di kantor Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), Jakarta, Kamis (23/11). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengajak seluruh elemen harus aktif menyuarakan dan menjaga kondusifitas bangsa.

Hal itu disampaikannya dalam Silaturahmi Nasional Anak Bangsa 2023 di kantor Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), Jakarta, Kamis (23/11).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menyampaikan hal tersebut menyikapi kekhawatiran publik terhadap polarisasi rakyat yang terjadi pada Pemilu 2019 yang melahirkan 'dikotomi' cebong dan kampret akan kembali terulang di Pemilu 2024

Hal ini berdasarkan hasil survei Litbang Kompas pada 19-21 Juni 2023 yang mencatat sekitar 56 persen responden merasa khawatir terjadinya keterbelahan dan polarisasi rakyat pada Pemilu 2024.

Jajak pendapat Kompas pada akhir Mei 2022 juga menunjukkan sekitar 70 persen responden merasa khawatir bahwa polarisasi rakyat tersebut akan kembali terulang pada Pemilu 2024.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menegaskan untuk mewujudkan Pemilu yang damai dan bermartabat dapat merujuk pada beberapa indikator.

Antara lain netralitas TNI-Polri dan ASN, tingkat pelanggaran Pemilu yang rendah, tidak ada intimidasi dan diskriminasi, tidak mencederai nilai-nilai demokrasi serta meningkatnya literasi politik dan rasionalitas pemilih.

"Selain itu, juga harus meminimalisir faktor risiko mulai dari penyediaan dan distribusi logistik Pemilu, hingga keselamatan panitia penyelenggara Pemilu sehingga Pemilu 2024 bisa dijalankan dengan riang gembira, bukan dengan penuh permusuhan dan kebencian. Apalagi sampai membuat perpecahan kebangsaan," kata Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (24/11).

Begini pesan penting Ketua MPR Bamsoet saat menghadiri Silaturahmi Nasional Anak Bangsa 2023 di Kantor LPP RRI Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News