Ketua MPR Bambang Soesatyo Dukung Penyelenggaraan Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo

Ketua MPR Bambang Soesatyo Dukung Penyelenggaraan Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kemeja putih) saat menerima kunjungan Panitia Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo 2023, antara lain Kolonel Parlindungan Rumahorbo, Oster P Rumahorbo, Harry Rumahorbo, Sabungan Rumahorbo, dan Robert Rumahorbo di Jakarta, Sabtu (1/4). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsot mendukung penyelenggaraan Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo 2023.

Kegiatan yang akan diselenggarakan Punguan Raja Rumahorbo Dohot Boruna se-Indonesia di Gedung Pertemuan Graha Delima, Bekasi, pada Minggu (2/4) besok.

Bamsoet menyampaikan kegiatan tersebut akan mempromosikan Si Gale-Gale yang memiliki nilai historis tinggi terhadap peradaban masyarakat Batak.

Si Gale-Gale merupakan boneka kayu atau patung yang dilengkapi pakaian busana ulos khas Batak menyerupai orang yang bisa menari (manortor), karena digerakan oleh tali.

"Memang tidak banyak yang mengetahui tentang Si Gale-Gale. Karena itu, Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo Tahun 2023 yang akan menampilkan Si Gale-Gale patut didukung," kata Bamsoet seusai menerima kunjungan usai menerima panitia Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo 2023, Sabtu (1/4)

Menurut Bamsoet, kika dikemas dengan baik dan menarik, Si Gale-Gale juga dapat dapat dikembangkan menjadi wisata budaya.

Terlepas dari acara tersebut, Bamsoet mengingatkan bangsa Indonesia pernah memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan ketika budaya nasional diklaim negara lain.

Salah satu penyebabnya lantaran kurangnya perhatian untuk menjaga dan merawat budaya sendiri.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyampaikan dukungannya atas penyelenggaraan Pesta Bona Taon Raja Rumahorbo pada Minggu 2 April besok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News