Ketua MPR Bamsoet Ingatkan Ancaman Kemerosotan Moral Generasi Muda Sudah di Depan Mata

Ketua MPR Bamsoet Ingatkan Ancaman Kemerosotan Moral Generasi Muda Sudah di Depan Mata
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Badan Eksekutif Mahasiswa NU se-Nusantara di STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiah Jakarta, Selasa (16/5). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan derasnya arus globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi informasi telah menjejali benak dan pemikiran anak bangsa dengan berbagai nilai-nilai baru.

Sayangnya, tidak semua nilai-nilai baru tersebut selaras dengan nilai-nilai kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Indonesia.

Pasalnya, tidak semua penerima informasi tersebut juga memiliki literasi dan keadaban digital yang memadai untuk memilah, memilih, dan menyaring informasi yang masuk.

Di saat bersamaan, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengungkapkan bahwa tingkat penetrasi internet di negara ini tergolong tinggi.

Sepanjang 2022-2023, tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 78,19 persen atau sekitar 215,6 juta jiwa.

"Berpadunya dua variabel, antara rendahnya literasi dan keadaban digital dengan tingginya tingkat penetrasi internet inilah yang kemudian berpotensi memicu lahirnya berbagai persoalan," kata Bamsoet saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Badan Eksekutif Mahasiswa NU se-Nusantara di STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiah Jakarta, Selasa (16/5).

Bamsoet menyebutkan pada triwulan I 2023 saja, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengidentifikasi sebanyak 425 isu hoaks yang beredar di website dan platform digital.

"Di sinilah pentingnya kehadiran institusi yang mengajarkan pendidikan akhlak, seperti halnya STAI Al-Aqidah Al-Hasyimiah Jakarta," terangnya.

Bamsoet mengungkapkan kemerosotan moral generasi muda dapat dilihat dari beberapa kasus kejahatan yang melibatkan pelaku anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News