Senin, 16 Juli 2018 – 13:56 WIB

Ketua MPR Dorong Perguruan Tinggi Hasilkan SDM Berdaya Saing Global

Sabtu, 03 September 2016 – 20:10 WIB
Ketua MPR Dorong Perguruan Tinggi Hasilkan SDM Berdaya Saing Global - JPNN.COM

Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), Senayan, Jakarta, Sabtu (3/9). Foto; Humas MPR

JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan peranannya dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Zulkifli mengatakan hal itu saat menyampaikan kuliah umum berjudul Peran Perguruan Tinggi dalam Membangun Kualitas Bangsa Guna Memenangkan Persaingan Global di Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), Senayan, Jakarta, Sabtu (3/9).

"Sekarang saatnya kembangkan budaya yang koheren dengan jiwa kemajuan. Sebagai center of excellence (tempat para ahli, red), perguruan tinggi harus melahirkan lulusan-lulusan kompetitif dan sesuai kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Zulkifli pun mengingatkan pentingnya perguruan tinggi mendukung dan mengimplementasikan ide-ide yang dihasilkan mahasiswanya. Sebab, jangan sampai hasil penelitian yang sebenarnya bermanfaat ternyata hanya tersimpan di perpustakaan kampus

Menurut Zulkifli, perguruan tinggi bisa menjadi agen perubahan dalam mencetak generasi berpengetahuan dan keterampilan yang cukup. Pasalnya, hal itu penting dalam rangka mempercepat pembangunan dan kesejahteraan bangsa.

"Kampus harus menjadi tempat persemaian nilai-nilai Pancasila sekaligus menjadi benteng dari berbagai hal yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Dari perguruan tinggi, harus lahir SDM-SDM terbaik agar siap menghadapi persaingan global saat ini," pungkasnya.

Kuliah umum ini dihadiri oleh Rektor Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Rudy Harjanto, para wakil rektor dan Paiman Raharjo selaku direktur program pascasarjana. Selain civitas akademika Universitas Moestopo, ada pula pakar komunikasi Effendi Gazali yang hadir pada kuliah umum itu.(fat/jpnn)

 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar