Ketua MPR: Kesenjangan Sosial Harus Segera Dientaskan

Ketua MPR: Kesenjangan Sosial Harus Segera Dientaskan
Zulkifli Hasan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II di Hotel Mercure, Ancol, Rabu (23/11) malam. Rakernas digelar untuk menyusun program MUI ke depan dan membahas langkah-langkah meneguhkan kembali komitmen kebangsaan di tengah umat. 

Selain itu, Rakernas MUI kali ini, juga diisi sosialisasi empat pilar kebangsaan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. 

Mengawali sosialisasinya, Zul secara jujur mengaku tak berani berceramah di depan para ulama. Karena itu dia menyatakan hanya akan berbagi dari pengalaman dan apa yang dirasakan terkait kondisi kebangsaan akhir-akhir ini.

"Sebetulnya apa yang terjadi hari-hari ini, saya sudah prediksi jauh hari. Saya justru bersyukur karena yang terjadi jauh dari perkiraan saya. Karena itu secara khusus saya sampaikan ke presiden, agar mengapresiasi aksi 4 November kemarin. Karena itu merupakan unjuk rasa terbesar sepanjang Indonesia merdeka. Masyarakat begitu bebas menyampaikan aspirasi dan berjalan secara damai," ujar Zulkifli di hadapan puluhan peserta rakernas. 

Zulkifli memperkirakan munculnya gejolak hanya soal waktu, karena dari pengalaman berkeliling ke seluruh pelosok negeri, terlihat jelas adanya kesenjangan yang luar biasa. Mayoritas masyarakat masih hidup di bawah garis kemiskinan. 

"Misalnya dilihat dari data keuangan di perbankan. Sekitar 97,6 persen atau 120 juta penduduk Indonesia yang menyimpan uangnya di di bank, itu tabungannya di bawah Rp 100 juta. Jadi total tabungannya itu sekitar Rp 500 triliun. Sementara 0.1 persen penduduk Indonesia itu tabungannya rata-rata di atas Rp 5 miliar. Kalau dijumlah, mereka ini memiliki Rp 1.500 triliun," ungkap Zulkifli. 

Menurut Zul, data yang ada memperlihatkan, 0.1 persen penduduk Indonesia menguasai 43 persen uang di perbankan. Bahkan yang lebih mencengangkan lagi, 0.1 persen tersebut hanya terdiri dari 25 keluarga. 

"Bayangkan, mereka ini menguasai hampir separuh uang yang beredar di perbankan kita. Itu baru soal uang. Kemudian kalau bicara luas daratan Indonesia yang mencapai 190 juta hektar, itu sekitar 175 juta atau 93 persennya dikuasai sekelompok orang. Hanya 0,2 persen luas daratan yang ada dikuasai 56 persen penduduk Indonesia," tutur Zulkifli.

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II di Hotel Mercure, Ancol, Rabu (23/11) malam. Rakernas digelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News