Ketua MPR Kritik Kartu Nama Anggota DPD Gunakan Senator

Ketua MPR Kritik Kartu Nama Anggota DPD Gunakan Senator
Ketua MPR Zulkifli Hasan/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengkritik penggunaan kata "senator" di setiap kartu nama yang digunakan oleh anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

"Kata 'senator' itu hanya ada di negara federal. Kita kan negara kesatuan. Apa dasarnya menggunakan 'senator' dalam setiap kartu nama teman-teman anggota DPD," kata Zulkifli Hasan, di Gedung Nusantara IV, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (13/11).

Dijelaskannya, pembentukan DPD RI adalah sebagai pengisi kekosongan keterwakilan daerah di pusat pengambil keputusan sebagaimana yang diamanatkan oleh Sila Keempat dari Pancasila.

"Jadi negara ini harus berjalan dengan semua keterwakilan komponen bangsa. Jangan sampai ada yang tertinggal karena bangsa ini dibangun dengan semangat gotong royong," ujar Ketua Umum PAN ini.

Salah satu komponen bangsa itu lanjutnya ada daerah. Makanya ada perwakilan daerah yang oleh konstitusi disebut DPD RI. "Tapi dalam praktiknya, kenapa DPD ini membangun opini negara federal yang dimulai dengan kata 'senator' di kartu namanya?," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengkritik penggunaan kata "senator" di setiap kartu nama yang digunakan oleh anggota Dewan Perwakilan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News