Ketua MPR: Mayoritas Sepakat Perlu Ada GBHN

Ketua MPR: Mayoritas Sepakat Perlu Ada GBHN
Zulkifli Hasan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - KENDARI – Ketua MPR DR (HC) Zulkifli Hasan mengatakan, MPR sebagai rumah besar rakyat Indonesia, di mana di dalamnya ada Badan Pengkajian dan Lembaga Pengkajian. Lembaga Negara yang dipimpinnya itu menampung semua aspirasi yang berkaitan dengan perlu tidaknya dilakukan perubahan UUD dan juga  haluan negara.

Zulkifli Hasan mengatakan hal tersebut saat ceramah pada acara pengukuhan Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulawesi Tenggara (Sultra) di Aula Bahteramas Pemda Provinsi Sultra, Kamis sore 18 Februari 2016.

Dia mengemukan bahwa mengenai wacana perubahan UUD muncul berbagai pendapat di masyarakat.

Tidak sedikit kalangan  mengusulkan agar kembali ke UUD yang dulu. “Namun ada pula  sebagian kelompok masyarakat berpendapat, konstitusi kita sudah bagus, tidak perlu diubah. Tapi, sebagian besar masyarakat  sepakat  perlunya haluan Negara,” kata Zulkifli.

Perlunya haluan negara, menurut Zulkifli, agar jangan sampai bupati/walikota punya visi sendiri-sendiri, juga gubernur dan presiden punya visi masing-masing. Jadi, haluan negara yang dimaksud berbeda dengan GBHN atau  haluan negara yang berlaku di zaman Orde Baru.

Menurut Zulkifli, yang didambakan  adalah haluan negara yang sangat komprehensif, karena kita brhadapan dengan masyarakat ekonomi ASEAN.  Artinya, bukan hanya haluan negara bidang ekonomi, namun juga bidang politik dan keamanan, serta bidang sosial budaya, termasuk wawasan kebangsaan.

"Atau boleh juga dikatakan haluan negara yang merupakan gabungan antara  GBHN dengan apa yang disebut Pembangunan Semesta Berencana. Tapi, semua itu harus dikaji,  didiskusikan dengan kalangan perguruan tinggi, ormas-ormas keagamaan, ahli tatanegara dan lainnya," ujar Zulkifli Hasan.

Mengenai perubahan suatu konstitusi, menurut Zulkifli Hasan, tentu harus melalui proses yang panjang. "Tidak boleh sembarangan, tidak boleh asal-asalan," ujar Zulkifli Hasan. Dan, kalau perlu ditentukan  melalui jajak pendapat atau melalui survei. Jadi, kita bertanya kepada rakyat. (rl/sam/jpnn)
 


KENDARI – Ketua MPR DR (HC) Zulkifli Hasan mengatakan, MPR sebagai rumah besar rakyat Indonesia, di mana di dalamnya ada Badan Pengkajian dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News