Ketua MPR: Nilai Pancasila Tak Lekang Walau di Tengah Pandemi COVID-19

Ketua MPR: Nilai Pancasila Tak Lekang Walau di Tengah Pandemi COVID-19
Bambang Soesatyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peringatan hari lahir Pancasila pada hari ini, 1 Juni 2020, berlangsung dalam suasana pandemi covid-19.

Namun Pancasila sebagai dasar filsafat dan pandangan hidup bangsa tetap menjadi landasan kukuh bagi semangat rakyat dalam menghadapi serangan musuh yang tak terlihat tetapi mematikan, yakni COVID-19.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menegaskan bahwa Pancasila akan selalu dan tetap relevan, kendati zaman terus berubah dan peradaban terus berkembang.

Sistem nilai yang terkandung pada lima sila Pancasila itu universal dan semua sistem nilai itu diadopsi beragam bangsa.

‘’Tak terbantahkan bahwa Sila Ketuhanan, Sila Kemanusiaan dan Sila Keadilan Sosial sudah diterima dan dipraktikan sebagai sistem nilai universal. Semua bangsa juga selalu berusaha memperkokoh persatuan masing-masing demi menjaga dan merawat eksistensi. Demikian pula dengan Sila kerakyatan yang telah banyak dipraktikkan untuk menjaga sekaligus memelihara tantanan hidup berbangsa dan bernegara. Musyawarah-mufakat mampu menyelesaikan berbagai perselisisihan di dalam kehidupan umat manusia,’’ ujar Bamsoet, Senin (1/6) di Jakarta.

Artinya, lima Sila Pancasila telah menginspirasi sekaligus menjadi sumber kekuatan serta sumber Kebijaksanaan.

Karena itu, Ketua MPR mengajak generasi Milenial terus merawat Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia, dan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dan tuntunan hidup dalam keberagaman.

Ketua MPR juga mendorong komunitas pendidik untuk mengenalkan, mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai lima sila Pancasila kepada generasi Z sebagai bekal dan kekuatan mereka merawat eksistensi Indonesia di masa depan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan bahwa Pancasila akan selalu dan tetap relevan kendati zaman terus berubah dan peradaban terus berkembang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News