Ketua MPR Tepis Kekhawatiran Soal GBHN dan Posisi Presiden

Ketua MPR Tepis Kekhawatiran Soal GBHN dan Posisi Presiden
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan sangat memahami kekhawatiran sebagian masyarakat kalau Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) diberlakukan kembali akan menggerus kekuasan Presiden RI. Tapi, kata Zulkifli, kekhawatiran itu jangan juga terlalu berlebihan. Sebab aktifasi GBHN tidak akan memosisikan presiden sebagai Mandataris MPR.

“GBHN dimaksud hanya membahas program pembangunan. Tidak memosisikan presiden sebagai Mandataris MPR RI,” kata Zulkifi, di Gedung Nusantara III, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (4/2).

Ia menjelaskan, GBHN yang sedang diwacanakan MPR, tidak mempunyai tendensi untuk mengurangi kewenangan presiden, sebab Negara Indonesia menganut sistem presidensial.

Karena itu, menurut Ketua Umum PAN ini, mengaktifkan GBHN nantinya tidak ada kaitannya dengan mandataris. GBHN hanya memuat rencana pembangunan Indonesia ke depan. "Presiden tetap dipilih langsung oleh rakyat dan tidak bertanggungjawab kepada MPR," tegasnya.

GBHN lanjutnya, tidak akan membatasi presiden mewujudkan visi-misinya yang dijanjikan saat kampanye Pilpres.

“Itu nanti akan dirumuskan oleh ahlinya agar tidak membatasi presiden, agar tidak mengganggu yang lain. Yang penting begini, amandemen tidak seperti dulu. Sistem presidensial tidak akan diganti dengan parlementer," janji Zul.

Dia menambahkan, GBHN disusun sebagai sebuah visi negara sehingga ada sinkronisasi antara pemerintah pusat dengan daerah.

“Kita hanya perlu visi, punya haluan negara, agar bupati dan gubernur tidak sewenang-wenang dengan sumber daya alam di daerah,” pungkasnya.(fas/jpnn)

JAKARTA – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan sangat memahami kekhawatiran sebagian masyarakat kalau Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News