Ketum Apindo Beber Tantangan Dunia Industri

Ketum Apindo Beber Tantangan Dunia Industri
Ilustrasi pekerja industri. Foto: Rakyat Kalbar/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepengurusan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) periode 2018–2023 menyoroti beberapa isu dunia yang bisa memengaruhi sektor industri.

Di antaranya, usaha padat karya atau labour intensive, amandemen UU Ketenagakerjaan, serta mempersiapkan pelaku usaha menghadapi era Industri 4.0.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menyatakan, dalam isu padat karya, pihaknya akan memperhatikan pengembangan padat karya yang masih menghadapi banyak tantangan.

’’Tantangannya, antara lain, dalam hal pengupahan, akses finansial, dan akses pasar,’’ ujar Hariyadi usai pengukuhan, Senin (28/5).

Selanjutnya, Apindo terus mendorong pelaku usaha mikro menjadi pelaku usaha kecil.

Apindo mendukung pengusaha kecil untuk tumbuh menjadi pengusaha menengah.

’’Dan, mengupayakan UMKM ini mampu bersaing secara global melalui platform digital supaya bisa menghilangkan kesenjangan,’’ jelas Hariyadi.

Secara keseluruhan, Hariyadi menilai banyak tantangan yang harus dihadapi pelaku usaha, termasuk perhelatan Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

Kepengurusan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) periode 2018–2023 menyoroti beberapa isu dunia yang bisa memengaruhi sektor industri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News