Ketum APKASI Klaim Otda Berhasil

Ketum APKASI Klaim Otda Berhasil
Ketum APKASI Klaim Otda Berhasil
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Isran Noor mengatakan, perjalanan otonomi daerah (Otda) sebagai amanat reformasi telah memperlihatkan hasil bagi kesejahteraan masyarakat dan daerah. Salah satu hasil konkrit dari otda, menurut Isran Noor adalah semakin dekatnya pelayanan kepada masyarakat.

"Dahulu semua pelayanan dan kebijakan diperintah dari pusat, sementara kepala daerah hanya menjalankan perintah pemerintah pusat. Di masa otonomi daerah, rentang kontrol pemerintah daerah kepada masyarakat dan masyarakat pada pemerintah daerah semakin bagus," kata Isran Noor dalam Dialog Kenegaraan bertajuk "Penguatan Daerah dalam Bingkai NKRI" di gedung DPD, Senayan Jakarta, Rabu (8/8).

Kebijakan otonomi daerah, lanjutnya, adalah komitmen bersama saat gerakan reformasi bergulir pada tahun 1998. "Makanya keberadaan otonomi daerah tidak bisa ditawar tawar lagi, terlebih penyelenggaraan Otonomi daerah ada hasilnya," ujarnya.

Dikatakan, sejak diluncurkannya otonomi daerah, hak-hak politik dan demokrasi rakyat terealisasi. Rakyat bisa memilih pemimpin daerahnya secara langsung. "Dulu pemimpin ditunjuk dari atas," imbuhnya.

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Isran Noor mengatakan, perjalanan otonomi daerah (Otda) sebagai amanat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News