Ketum Garis Ngaku Pimpinan ISIS di Indonesia

Ketum Garis Ngaku Pimpinan ISIS di Indonesia
Ketum Garis Ngaku Pimpinan ISIS di Indonesia

jpnn.com - CIANJUR - Ketua Umum Gerakan Reformis Islam (Garis) Chep Hernawan mengaku dirinya adalah Pimpinan regional Indonesia untuk Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Penunjukkan diri sebagai pimpinan karena dinilai militan, ilmu tinggi, amanah hingga istiqamah.

"Mereka melihat saya punya kriteria yang diinginkan oleh mereka untuk menjadi pemimpin ISIS di wilayah Indonesia," kata Chep kepada wartawan di kediamannya, kemarin (7/8).

Dikatakan Chep, penunjukkan dirinya terjadi ketika deklarasi ISIS di Indonesia yang digelar pada Minggu 12 Maret 2014 lalu Hotel Indonesia. Namun, ia membantah jika ISIS di Indonesia memiliki tujuan untuk membentuk negara Islam di Indonesia.

"ISIS di Indonesia itu tidak ada bedanya dengan Garis. Tidak ada presiden, menteri, panglima perang, dan kabinet-kabinet. Yang ada kami meneruskan perjuangan untuk menegakan syariat Islam di Indonesia," kata Chep.

Chep menambahkan, tidak ada instruksi dan seruan untuk melakukan perang di Indonesia. Menurutnya, medan perang sejatinya ada di Irak, Suriah, dan negara timur tengah yang kini sedang berperang memperjuangkan akidah Islam.

"Tidak ada radikalisasi dalam ISIS ini. Pemberitaan yang ada di media itu tidak benar. ISIS sendiri memperjuangkan dan menegakkan syariat Islam," paparnya.

Diakui Chep, setidaknya ada ribuan pengikut ISIS di Indonesia yang tersebar di Pulau Jawa. Menurutnya, pengikut ISIS terbanyak di Indonesia berada di wilayah Jawa Barat (Jabar). Akan tetapi pengikut ISIS itu bukanlah teroris seperti yang diberitakan media akhir-akhir ini.

"Tidak ada instruksi angkat senjata di Indonesia, tapi kami mengirimkan pengikut ISIS yang betul mewakafkan dirinya untuk membantu saudara sesama muslim di medang perang. Kami sendiri ikut berbaiat dengan Abu Bakr Al Baghdady tapi tidak harus datang ke sana," paparnya.

CIANJUR - Ketua Umum Gerakan Reformis Islam (Garis) Chep Hernawan mengaku dirinya adalah Pimpinan regional Indonesia untuk Islamic State of Iraq

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News