Khomeini: Para Tokoh Penentang Bukanlah Agen

Khomeini: Para Tokoh Penentang Bukanlah Agen
TAMPARAN - Pemimpin besar Iran Ayatollah Ali Khomenei, dalam sebuah acara bersama para komandan Garda Revolusioner di Teheran, beberapa waktu lalu. Foto: AP.
TEHERAN - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khomeini, menyatakan kalau dirinya tak melihat ada bukti bahwa para pemimpin oposisi yang dipersalahkan dalam protes dan kekacauan pasca-pemilihan presiden di Iran adalah agen kekuatan asing. Menariknya, komentar Khomeini ini bertentangan dengan sejumlah tuduhan yang sudah dilontarkan oleh kelompok garis keras selama ini.

Seperti diberitakan BBC, Kamis (27/8), sejumlah tokoh kelompok oposisi (lawan dari Khomeini serta Presiden Ahmadinejad dan kalangannya, Red) saat ini tengah menghadapi proses peradilan di Teheran, dengan salah satu tuduhan telah berkonspirasi dengan kekuatan Barat demi menciptakan kekacauan. Namun belakangan, Khomeni sendiri tampaknya berupaya meredakan ketegangan, termasuk lewat komentar terakhirnya tersebut.

"Saya tidak menuduh para pemimpin dari berbagai peristiwa (protes) baru-baru ini sebagai kepanjangan tangan pihak luar, seperti AS dan Inggris, karena isu ini sama sekali belum terbukti buat saya," ungkap sang pemimpin besar dalam pernyataannya yang disiarkan TV Iran.

Walau demikian, Khomeini tidak membantah - bahkan cenderung setuju - bahwa sejumlah demonstrasi yang telah memakan korban tewas setidaknya 30 orang itu, "tak diragukan" sudah direncanakan jauh sebelumnya, "terlepas dari para pemimpinnya tahu atau tidak". "(Namun) rencana itu bisa dikalahkan, karena untungnya musuh kita masih belum memahami benar isu di Iran," katanya.

TEHERAN - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khomeini, menyatakan kalau dirinya tak melihat ada bukti bahwa para pemimpin oposisi yang dipersalahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News