Kiai Farid Dibacok, Polisi Ungkap Motif Pelaku, Gempar

Kiai Farid Dibacok, Polisi Ungkap Motif Pelaku, Gempar
Polisi mengamankan SR (33) pelaku penganiayaandan pembacokan kiai, Kamis (10/3/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

jpnn.com, BANDUNG - Seorang kiai di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengalami penganiayaan.

Pelaku berinisial SR (33) melakukan aksi keji tersebut karena diduga memiliki paham yang berbeda dengan korban.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo mengatakan pelaku tidak suka dengan kegiatan Kiai Farid Ashr Waddahr selaku Ketua Jam’iyyah Ahlith Tarekat Al Mu’tabarah An Nahdliyyah.

Ibrahim mengatakan berdasarkan pemeriksaan, pelaku diduga memiliki aliran yang berbeda dengan korban.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan dan informasi dari masyarakat, tersangka memiliki paham yang berbeda, sehingga tidak menyukai pelaksanaan wirid (kegiatan Kiai Farid) tersebut," kata Ibrahim di Polda Jawa Barat, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Adapun pelaku melakukan penganiayaan dengan membacok KH Farid Ashr Waddahr beserta istri dan santri di lingkungan Pondok Pesantren di Desa Tegalmulya, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu pada Selasa (8/3) malam.

Sebelumnya, kata Ibrahim, Kiai Farid memang kerap menggelar kegiatan zikir di lingkungan pesantrennya pada malam dan dihadiri oleh banyak jemaahnya.

Selain merasa terganggu, menurut Ibrahim, pelaku pun memiliki pandangan lain terhadap kegiatan kiai tersebut yang tentunya merupakan anggapan yang keliru.

Sambil menenteng arit, SR membabi buta membacok sang kiai beserta istri dan seorang santri. Polisi mengungkap motif pelaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News