Kiai Maruf Masuk Bursa Cawapres Jokowi, Ini Tanggapan MUI

Kiai Maruf Masuk Bursa Cawapres Jokowi, Ini Tanggapan MUI
Ketum MUI KH Ma'ruf Amin. Foto: Imam Husein/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masuknya dua nama petinggi MUI (Majelis Ulama Indonesia) masuk dalam bursa cawapres di Pilpres 2019 yakni Kiai Ma'ruf Amin (Ketum MUI) dan Din Syamduddin (Ketua Dewan Pertimbangan MUI), disambut positif.

Menurut Wakil Ketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi, hal tersebut merupakan bentuk kepercayaan dan pengakuan dari masyarakat kepada MUI yang patut diberikan apresiasi.

"Sebagai pengurus kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan tersebut," ujar Zainut, Rabu (11/7).

Meski begitu, lanjut Zainut, pihaknya menyadari semuanya sangat tergantung oleh beberapa hal. Pertama, Joko Widodo sebagai presiden yang memiliki hak prerogatif untuk menentukan siapa pendampingnya.

Kedua, penerimaan dan dukungan dari partai-partai politik. Ketiga, Kiai Ma'ruf dan Din, apakah berkenan menerima atau menolaknya.

"Walaupun menurut pandangan kami jabatan tersebut sangat layak dan pantas untuk beliau berdua, karena pertimbangan, ketokohan, kearifan dan pengalamannya. Namun kami meyakini beberapa faktor tersebut di atas sangat menentukan," terangnya.

BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Kandidat Capres, Wouw!

MUI, lanjutnya, mengembalikan kepada kedua tokoh nasional tersebut, karena pasti memiliki pertimbangan khusus untuk menerima atau menolaknya.

Ketum MUI Maruf Amin dan Din Syamsuddin masuk bursa capres di Pilpres 2019 mendatang, disambut positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News