Kiai Said Langsung Dukung Rencana Pemerintah Bubarkan HTI

Kiai Said Langsung Dukung Rencana Pemerintah Bubarkan HTI
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) langsung memberi reaksi positif atas rencana pemerintah membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan, pihaknya mendukung sikap tegas pemerintah untuk membubarkan ormas-ormas termasuk HTI yang bertentangan dengan Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan UUD 1945. "Mendukung‎ pemerintah karena keputusannya sudah tepat dan benar," ujar Said kepada JawaPos.com, Senin (6/5).

Pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat ini menambahkan, pembubaran HTI ini harus dijadikan pelajaran bagi semua pihak untuk merapatkan barisan demi menjaga keutuhan NKRI. Pasalnya, kata Kiai Said, jangan sampai Indonesia menjadi seperti negara-negara di Timur Tengah yang dilanda perang saudara.

"Mari kita rapatkan barisan, NU, Banser, Ansor, kiai, pesantren akan berada di garda terdepan mendukung pemerintah, TNI dan Polri untuk menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Meski demikian Kiai Said juga mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai kemungkinan HTI bakal muncul lagi dengan nama berbeda. "Jangan sampai menggerogoti Pancasila dan NKRI, apa pun namanya ormas itu harus dibubarkan," pungkasnya.

Sebelumnya pemerintah pada siang tadi menggelar rapat terbatas di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. Tujuannya adalah membahas tindak lanjut atas perintah Presiden Joko Widodo tentang upaya menyisir ormas yang bertentangan dengan Pancasila.

Menkopolhukam Wiranto menyatakan, HTI sebagai ormas berbadan hukum tidak berperan positif dalam mencapai tujuan nasional. Menurutnya, aktivitas HTI nyata-nyata menimbulkan benturan di masyarakat yang berpotensi membahayakan keutuhan NKRI.

Karenanya setelah mencermati berbagai pertimbangan serta menyerap aspirasi masyarakat, pemerintah pun mengambil tindakan tegas. “Pemerintah perlu mengambil langkah-langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI,” tegasnya.(cr2/jpg)


Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) langsung memberi reaksi positif atas rencana pemerintah membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News