Kiat Jitu Merdeka Finansial Bagi Generasi Sandwich

Kiat Jitu Merdeka Finansial Bagi Generasi Sandwich
Kiat jitu agar bisa merdeka secara finansial. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan kriteria seseorang yang sudah merdeka finansial adalah mereka yang merasa aman dan tidak cemas akan masa depan.

Rasa aman itu berkat investasi serta tabungan yang telah dipersiapkan misalnya ketersediaan dana darurat, pendidikan anak, dan untuk menikmati masa pensiun kelak.

Namun kalangan milenial kerap terjepit dalam siklus sandwich generation, yaitu seseorang harus bisa mencukupi kebutuhan ekonomi dan memikul tanggung jawab finansial secara lintas generasi. Biasanya mulai dari generasi pendahulu (orang tua) yang terus berlaku hingga generasi penerus (anak-anak).

Efek pandemi telah menyebabkan sekitar 25% populasi milenial harus melego aset untuk bertahan hidup dan bertanggung jawab atas kesejahteraan antar anggota keluarga atau sederhananya terhimpit beban sandwich.

Steffano Ridwan, Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia mengatakan agar dapat mulai menciptakan kemerdekaan finansial perlu adaptasi yang cermat dalam mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan esensial yang kritis.

"Semangat dan disiplin untuk menciptakan tujuan kemerdekaan finansial harus tetap menjadi komitmen dan faktor terpenting dari nasabah," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/8).

Berikut sejumlah kiat jitu untuk menggapai kemerdekaan finansial yaitu:

Evaluasi kondisi keuangan

Evaluasi dengan cermat cash flow dan kondisi keuangan sebagai langkah awal untuk mengukur taraf kesejahteraan, kebijakan dalam mengelola keuangan serta mulai menentukan porsi dana yang wajib ditabung atau diinvestasikan.

Berikut sejumlah kiat jitu untuk menggapai merdeka finansial agar tak terhimpit beban sandwich.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News