Selasa, 12 Desember 2017 – 15:12 WIB

Kiat Jitu Perbaiki Pola Tidur

Senin, 02 Oktober 2017 – 23:41 WIB
Kiat Jitu Perbaiki Pola Tidur - JPNN.COM

Ilustrasi: Health.com

jpnn.com - Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia untuk mencapai kesehatan yang optimal. Istirahat teratur membuat sistem metabolisme di tubuh serta peredaran darah akan lancar.

Namun, bagaimana jika pola tidur seseorang terganggu? Ada banyak faktor yang menyebabkan pola tidur Anda terganggu, mulai dari stres karena pekerjaan, penyakit tertentu, hingga hal-hal yang tak terduga lainnya.

Meski beberapa faktor yang menganggu tidur tidak dapat dikendalikan, Anda bisa menerapkan kebiasaan mendorong tidur lebih nyenyak. Berikut beberapa kiat yang bisa Anda terapkan untuk memperbaiki pola tidur agar lebih sehat seperti dilansir dari klikdokter.com:

1. Membuat jadwal tidur.

Membuat jadwal tidur disarankan bagi Anda yang kurang disiplin menjalankan pola tidur yang baik. Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7 jam per hari.

Sebaiknya, atur waktu tidur dan bangun Anda di waktu yang sama setiap harinya. Tak hanya itu, cobalah untuk tidak membuat perbedaan jam tidur di akhir pekan. Dengan memiliki waktu yang konsisten dapat memperkuat siklus tidur bangun Anda teratur.

2. Perhatikan apa yang Anda makan dan minum.

Pola makan erat kaitannya dengan pola tidur. Jangan tidur saat Anda lapar atau kenyang. Hindarilah konsumsi makanan berat beberapa jam sebelum tidur.

SHARES
loading...
loading...
Komentar