JPNN.com

Kiat Kiai Ma'ruf Jaga Kesehatan, Hindari Makanan Berkolesterol   

Minggu, 20 Januari 2019 – 11:54 WIB Kiat Kiai Ma'ruf Jaga Kesehatan, Hindari Makanan Berkolesterol    - JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Menjaga kondisi tubuh dan kesehatan sudah menjadi keharusan bagi setiap orang. Hal itu juga berlaku bagi calon wakil presiden (cawapres) KH Ma'ruf Amin. 

Mantan rais am PBNU itu sekarang harus menjalani berbagai agenda. Padat sekali agendanya. Dalam sehari, bisa sejumlah agenda yang harus didatangi. Mulai menemui warga, menghadiri undang, maupun bersilaturahmi di pondok pesantren. 

Kendati acara begitu padat, Kiai Ma'ruf, pendamping Joko Widodo alias Jokowi di Pilpres 2019 itu tetap terlihat segar bugar.  

Kiai Ma'ruf tetap menjaga kondisi tubuhnya. Salah satu caranya adalah dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. 

"Ya saya maka sesuai dengan selera saya. Tapi, saya batasi. Saya kan sudah tua, tidak semua hal bisa dimakan. Yang tidak merusak (saja)," kata Kiai Ma'ruf di Pondok Pesantren Riyadlul Huda Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (20/1). 

Kiai Ma'ruf mengatakan makanan yang mengganggu, menimbulkan kolesterol, dan menyebabkan darah tinggi dan asam urat naik itu harus dihindari. "Lainnya, biasa saja," katanya. 

Selain itu, Kiai Ma'ruf mengatakan tetap melakukan aktivitas olahraga. Yakni olahraga dengan spinning bike atau sepeda statis.  "Olahraga naik sepeda, (tapi) sepeda yang tidak berjalan," ujarnya.

Kiai Ma'ruf pun bersyukur karena seluruh keluarganya memberikan dukungan. Termasuk anak-anaknya.  "Ya pastilah. Keluarga mendukung. Cuma ada caranya yang begini, ada yang begitu," tutur Ma'ruf.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...