Jumat, 23 Agustus 2019 – 17:55 WIB

Kiat Makan Sehat saat Iduladha

Minggu, 11 Agustus 2019 – 15:26 WIB
Kiat Makan Sehat saat Iduladha - JPNN.COM

jpnn.com - IdulAdha merupakan salah satu hari besar bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain beribadah, wisata kuliner bersama keluarga menjadi hal yang paling dinanti. Mulai dari ketupat, rendang, opor ayam, hingga gulai kambing, semuanya menggiurkan. Namun, sebaiknya Anda tetap menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat.

Berikut ini adalah kiat makan sehat yang dapat Anda terapkan saat Iduladha.

Hindari makan yang terlalu ‘berat’

Tak afdal rasanya jika tidak mencicipi ketupat, opor ayam atau gulai kambing saat hari raya Iduladha. Tapi, makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Jika Anda makan berlebihan, maka akan timbul rasa kurang nyaman di perut, begah, kembung atau mual.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus menghindari deretan makanan nikmat tersebut. Kuncinya adalah makan dalam porsi kecil namun sering. Terlebih lagi jika Anda memiliki sakit maag, ada baiknya makan dalam jeda singkat (3–4 jam), daripada menerapkan jeda yang lama (6-7 jam).

Pilih bahan makanan yang lebih sehat

Anda gemar menyiapkan hidangan hari raya sendiri untuk keluarga? Olahan makanan bisa Anda siasati menjadi lebih sehat. Contohnya dalam membuat opor, Anda bisa mengganti santan dengan susu rendah lemak. Atau saat membuat rendang, Anda bisa memilih daging has dalam yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit dibandingkan daging has luar

Selain hidangan khas hari raya, Anda bisa menambahkan menu salad sayur atau buah yang tentu saja memiliki kalori lebih rendah dan tinggi serat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar