Kiat Menjaga Kesehatan Telinga dan Pendengaran

Kiat Menjaga Kesehatan Telinga dan Pendengaran
Pemeriksaan telinga. Foto: Pixabay

jpnn.com - Selain menyepi dari kebisingan, ada beberapa hal yang juga harus dibiasakan untuk menjaga kesehatan telinga dan pendengaran Anda, yaitu:

Turunkan volume suara

Tingkat volume yang aman untuk didengar adalah sekitar 85 dB. Bila Anda bingung menentukan apakah suatu bunyi cukup aman atau tidak, ini beberapa panduan umumnya:

  • Bila Anda harus sedikit mengeraskan suara Anda saat bicara untuk dapat didengar
  • Bila Anda sulit mendengar seseorang yang jaraknya kurang lebih 60 cm dari Anda
  • Bila bunyi yang Anda dengar menyebabkan nyeri di telinga atau mendengung setelahnya (tinitus)
  • Apabila terdapat ketiga hal tersebut, sudah saatnya Anda mengurangi volume musik atau menghindari lingkungan bising tersebut untuk menjaga telinga Anda.
  • Gunakan earplug
  • Bila Anda terpaksa harus ada dalam ruangan atau suasana yang bising, atau Anda ingin menonton bioskop atau menonton konser musik, gunakan earplug. Hal ini berfungsi untuk mengurangi intensitas bunyi yang Anda dengar.

Batasi penggunaan headphone

Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh mendengar musik melalui headphone, melainkan Anda perlu membatasi pemakaiannya. Waktu yang aman untuk menggunakan musik baik dengan earphone maupun headphone dalam sehari adalah kurang lebih satu jam. Lebih dari itu, telinga akan berisiko mengalami gangguan pendengaran.

Berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, gangguan aliran darah, dan mengurangi pasokan oksigen ke berbagai organ tubuh, termasuk telinga. Karena itu, para perokok lebih berisiko mengalami gangguan pendengaran dibanding mereka yang tidak merokok. Bila Anda masih ingin mendengar dengan baik hingga usia tua, sebaiknya berhenti merokok sekaligus jauhi asapnya mulai hari ini.

Jadi, selain menjadi momen sakral untuk melakukan Catur Brata penyepian, kesunyian dii hari raya Nyepi juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah telinga dari kerusakan akibat suara bising yang didengar secara rutin. Bila dikombinasikan dengan melakukan beberapa kiat di atas, niscaya kesehatan telinga pun akan tetap terlindungi.(RN/ RVS/klikdokter)


Bila Anda masih ingin mendengar dengan baik hingga usia tua, sebaiknya berhenti merokok sekaligus jauhi asapnya mulai hari ini.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News