Kiat Merawat Bodi Mobil yang Sudah Dilaminating

Kiat Merawat Bodi Mobil yang Sudah Dilaminating
Ilustrasi perawatan mobil. (Foto: Shopback/JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Penggunaan pelapis layer khusus atau coating pada bodi kendaraan saat ini semakin banyak dilakukan untuk menjaga eksterior tetap tampil mulus.

Namun jangan salah kaprah, memakai coating bukan berarti tidak perlu lagi perawatan eksterior mobil atau motor. Sejatinya, Anda harus tetap harus aktif merawatnya, mengingat biaya yang dikeluarkan untuk meng-coating cukup besar.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah cara mencuci mobil atau motor yang sudah dilaminating. Disarankan untuk tidak menggunakan sabun sembarangan agar coating yang ada di bodi kendaraan tidak pudar.

Menurut Owner Operation Finesse Auto Detailing Nicholas Kho, saat mencuci disarankan menggunakan shampo yang mengandung wax. Karena shampo tersebut dapat melindungi pelapisan coating pada bodi kendaraan.

"Pakai shampo yang mengandung wax atau dengan sabun kadar keasaman pH balance agar bisa menjaga coating pada bodi kendaraan," ujar Nicholas kepada JPNN.com saat ditemui di bengkelnya berlokasi di Meruya, Jakarta Barat, Senin (10/9).

Kemudian, lanjut Nicholas, jika tidak ada sabunnya bilas saja dengan air bersih. Tanpa menggunakan apapun. Setelah dibilas jangan lupa melakukan pengelapan dengan teliti agar air tidak ada yang tersisa.

"Tapi usahakan beberapa kali cuci saja di tempat pencucian yang khusus coating itu sudah banyak di mana-mana," imbuhnya.

Dia menyarankan ketika kendaraan sudah dilapis layer khusus harus melakukan perawatan 6 bulan sekali, agar ketika layer yang memudar dapat dipoles lagi dengan obat coating.

Masih banyak yang salah kaprah jika bodi kendaraan sudah di-coating pengguna kendaraan merasa tidak perlu lagi merawat eksterior. Lantas bagaimana semestinya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News