KIB Merupakan Kendaraan Politik untuk Orang yang Disiapkan Presiden Jokowi?

KIB Merupakan Kendaraan Politik untuk Orang yang Disiapkan Presiden Jokowi?
Akademisi Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Prof Asrinaldi memprediksi KIB merupakan kendaraan politik untuk orang yang disiapkan Presiden Jokowi di Pilpres 2024. Foto: ANTARA-Dokumentasi Pribadi.

jpnn.com - JAKARTA - Akademisi dari Universitas Andalas Sumatera Barat Prof Asrinaldi memprediksi Koalisi Indonesia Baru (KIB) merupakan kendaraan politik untuk orang yang disiapkan Presiden Jokowi maju di Pemilihan Presiden 2024.

Asrinaldi bahkan memprediksi KIB bisa jadi bakal menjadi kendaraan politik Ganjar Pranowo, jika PDI Perjuangan memilih mengusung kandidat lain.

"Kalau PDIP sudah deklarasi dan bukan Ganjar yang diusung, maka aman dan KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) akan mendeklarasikan itu (Ganjar)," ujar Asrinaldi di Padang, Rabu (22/3).

Asrinaldi memprediksi KIB yang terdiri atas Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya menunggu partai besutan Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan kandidat presiden yang akan diusung di Pilpres 2024.

"Itu (KIB) kendaraan untuk orang-orang yang disiapkan Pak Jokowi, saya memahaminya seperti itu," ujar Asrinaldi.

Oleh karena itu, katanya, KIB hingga kini tak kunjung mendeklarasikan nama kandidat presiden yang akan diusung.

Karena masih menunggu sikap PDIP mendukung Puan Maharani atau Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Dia mengatakan jika PDIP akhirnya mengusung Puan Maharani, maka tidak ada beban bagi Ganjar Pranowo.

Akademisi dari Universitas Andalas memprediksi KIB merupakan kendaraan politik untuk orang yang disiapkan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News