Kiblat Indonesia Mengarah ke Barat Laut

MUI Revisi Kekeliruan Fatwa Arah Kiblat

Kiblat Indonesia Mengarah ke Barat Laut
Kiblat Indonesia Mengarah ke Barat Laut
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) merevisi fatwa Nomor 3 Tahun 2010 , tentang arah kiblat Masjid di Indonesia yang ternyata keliru. Jika selama ini pemahaman umat Islam kebanyakan bahwa kiblat Indonesia menghadap ke barat ternyata tidak sepenuhnya akurat. Setelah melalui kajian bersama beberapa pakar ilmu falak dan astronomi, arah yang ditentukan MUI (kiblat lurus ke Barat) ternyata justru menghadap ke Afrika, Somalia Selatan, Kenya dan Tanzania.

"Karena itu kami merevisi dan memberikan imbauan kepada seluruh umat Islam di Indonesia agar membenahi pemahaman tentang arah kiblat ini," ujar Ketua MUI, KH Ma"ruf Amin di Jakarta kemarin (15/7).

Derajat kemiringan kiblat, kata Ma"ruf, bervariasi untuk masing-masing wilayah. Namun, nominal derajat variasi itu sangat kecil. Karena itu, demi ketepatan arah MUI berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) baik di pusat maupun di daerah untuk membantu apabila pengurus masjid hendak membetulkan arah kiblat. Namun, Ma"ruf mengatakan, tidak semua masjid di Indonesia memiliki arah kiblat yang miring. "Hanya masjid yang memang kiblatnya tidak betul supaya ditera ulang. Yang merasa sudah benar ya tidak perlu," kata dia.

Bagi pengurus masjid yang hendak melakukan tera ulang arah kiblat dapat dilakukan secara manual di masing-masing wilayah mulai Rabu- hingga Sabtu (14-18 Juli) pekan ini pada pukul 16.27 WIB. Daerah mana pun yang mampu menerima sinar Matahari pada jam itu dapat melakukan tera ulang arah kiblat dengan panduan bayangan sinar matahari. "Arah lawan bayangan itulah dimana kiblat berada karena pada jam itu posisi Matahari tepat berada di atas Kakbah," sambung Sekretaris MUI, Asrorun Niam.

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) merevisi fatwa Nomor 3 Tahun 2010 , tentang arah kiblat Masjid di Indonesia yang ternyata keliru. Jika selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News