Kilang Minyak Pertamina Kembali Terbakar, Begini Reaksi Abdul Hakim Bafagih

Sabtu, 12 Juni 2021 – 23:49 WIB
Kilang Minyak Pertamina Kembali Terbakar, Begini Reaksi Abdul Hakim Bafagih - JPNN.com
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PAN Abdul Hakim Bafagih. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Kebakaran terjadi di area kilang minyak milik Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB. Salah satu tanki yang berisi benzene di area kilang itu terbakar.

Kilang Cilacap merupakan satu dari enam kilang milik Pertamina yang mengolah minyak mentah dengan kapasitas 270 ribu barel per hari. Kilang Cilacap ini memiliki 200 tangki untuk menampung minyak mentah (crude) yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Kebakaran kilang milik pertamina ini adalah kedua kalinya dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Sebelumnya, kebakaran terjadi pada tanggal 29 Maret 2021 di Kilang  Minyak Pertamina yang ada di Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Kilang Cilacap dan Balongan beroperasi di bawah kendali Subholding Pertamina bidang refinery dan petrochemical yaitu PT Kilang Pertamina International.

Anggota DPR RI Abdul Hakim Bafagih menilai insiden kebakaran yang kedua kalinya ini seolah memberi sinyal ketidakberesan dalam tubuh manajemen.

“Ini sudah yang kedua kalinya, dan hanya dalam kurun waktu tidak sampai tiga bulan. Dan, keduanya di bawah manajemen yang sama yaitu PT Kilang Pertamina Internasional. Kejadian serupa yang terulang ini mengindikasikan adanya kinerja menajemen yang tidak beres,” ujar Abdul Hakim Bafagih, Sabtu (12/6).

Anggota DPR asal Jawa Timur ini menganggap insiden kebakaran yang menimpa Pertamina merupakan bagian tak terpisahkan dari buruknya manajemen dan sudah selayaknya manajemen pertamina dirombak.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...