Selasa, 18 Juni 2019 – 07:47 WIB

Kim Tegang, Trump Umbar Senyum

Kamis, 28 Februari 2019 – 07:27 WIB
Kim Tegang, Trump Umbar Senyum - JPNN.COM

jpnn.com, HANOI - Wajah Kim Jong-un begitu tegang ketika sesi foto bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berlangsung tadi malam, Rabu (27/2). Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) itu hanya sesekali tersenyum saat Trump meng­ajaknya bicara.

Berbeda dengan Jong-un, Trump jauh lebih rileks. Berkali-kali dia mengumbar senyum.

"Saya rasa (pertemuan, Red) ini akan sukses," ujar presiden ke-45 AS itu kepada para jurnalis di hadapannya. Jong-un sendiri memilih tidak menyapa media. Dia hanya tersenyum tipis. Itu adalah pertemuan kedua antara Trump dan Jong-un. Pada 12 Juni tahun lalu, pertemuan pertama digelar di Singapura.

Sama seperti pertemuan di Singapura, Jong-un datang dengan mengenakan setelan Mao berwarna gelap. Sedangkan Trump mengenakan setelan formal dengan dasi garis-garis berwarna merah muda. Metropole Hotel Hanoi menjadi lokasi pertemuan bersejarah itu.

Informasi pasti lokasi tersebut baru diungkap pada hari H pertemuan. Sebelumnya pemerintah Vietnam tutup mulut rapat-rapat. Besar kemungkinan hotel itu dipilih karena faktor keamanan. Sebab, di lantai dasarnya terdapat bungker untuk tempat perlindungan. Bungker tersebut peninggalan Perang Vietnam. Penjagaan di luar hotel juga luar biasa ketat. Bahkan, tamu yang boleh masuk hanya mereka yang sudah memesan kamar.

Pertemuan kemarin sekadar pembuka. Pertemuan itu diawali dengan sesi foto bersama, pembicaraan empat mata, dan makan malam. Pertemuan formal untuk membahas hal-hal lebih serius digelar hari ini. Rencananya, mereka kembali bertemu empat mata selama 45 menit. Trump akan bertolak ke Washington malam harinya.

Sepanjang malam kemarin, Trump tak henti-henti memuji tuan rumah maupun Jong-un. Menurut dia, Korut memiliki potensi ekonomi yang luar biasa besar. "Saya rasa Anda akan memiliki masa depan yang luar biasa dengan negara Anda, seorang pemimpin yang hebat. Saya berharap bisa melihat dan membantu itu terjadi," ujar Trump kepada Jong-un seperti dikutip Reuters.

Trump dan Jong-un berbicara empat mata selama 20 menit sebelum menuju area makan malam. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Plt Kepala Staf Gedung Putih Mick Mulvaney, Wakil Ketua Komite Pusat Partai Pekerja Korut Kim Yong-chol, dan Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho ikut hadir dalam acara makan malam tersebut.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar