Kimia Farma Perkuat Sinergi dengan Telkom

Kimia Farma Perkuat Sinergi dengan Telkom
PT Kimia Farma. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, BANDUNG - PT Kimia Farma Tbk bersinergi dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk memperkuat digitalisasi di lingkungan bisnis perseroan.

Perwujudan kemitraan bisnis tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Digitalisasi Kimia Farma yang dilakukan oleh Direktur Utama Kimia Farma, Honesti Basyir dan Direktur Enterprise & Business Services Telkom, Dian Rahmawan di Hotel Novotel, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/12).

Proses digitalisasi Kimia Farma Apotek meliputi penyediaan infrastruktur cloud dan jaringan (network), hardware, serta sistem aplikasi terpadu yang sekaligus terintegrasi dengan sistem Enteprise Resource Planning (ERP) yang sudah diterapkan oleh Kimia Farma sejak Oktober 2016.

Sistem aplikasi yang disediakan oleh Telkom terdiri dari smart stock, omni channel, customer loyalty, big data analytics, integrasi klinik, program rujuk balik, serta layanan home care.

"Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) farmasi pertama dan terbesar di indonesia, Kimia Farma bertekad meningkatkan kapasitasnya menjadi pemain industri farmasi berbasis digital," ujar Honesti.

Honesti juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan Telkom terhadap digitalisasi di Kimia Farma.

"Untuk menjadi perusahaan healthcare terkemuka sekaligus menjadi pemain industri farmasi global, kami akan menerapkan digitalisasi dari hulu ke hilir. Penerapan teknologi ini akan mempermudah proses bisnis dan meningkatkan customer experience sehingga pelayanan kepada konsumen semakin optimal," tutur Honesti.

Ke depan, sambungnya, kerja sama ini diharapkan bisa semakin meningkatkan kualitas produk dan pelayanan kedua BUMN, baik di tingkat nasional maupun global sehingga bisa memberikan nilai tambah dan manfaat bagi seluruh stakeholder.

Sistem aplikasi ini disediakan oleh Telkom untuk memperkuat digitalisasi di lingkungan bisnis Kimia Farma.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News