Kinerja KPK Merosot, Nilai 6

Kinerja KPK Merosot, Nilai 6
Kinerja KPK Merosot, Nilai 6
JAKARTA- Rapor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama 2009 dinilai lebih buruk dibanding tahun 2008. Indonesia Corruption Watch (ICW) memberikan nilai 6 terhadap kinerja lembaga yang kini dipimpin Tumpak Hatorangan Penggabean itu. Peneliti hukum ICW Febri Diansyah, Rabu (30/12), menyebutkan, setidaknya ada 3 kasus yang membuat kinerja KPK dinilai pas-pasan. Kasus tersebut adalah penyelidikan kasus Anggodo Widjojo, kasus skandal Bank Century, dan lanjutan penyidikan hasil laporan Agus Condro.

"Wajah KPK saat ini bisa kita nilai dari 3 kasus itu," ucap Febri, usai bertemu Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Bibit Samad Rianto. Menurut dia, Anggodo diduga memberikan suap dan percobaan menghentikan penyidikan kasus korupsi PT Masaro Radiokom.

Jika KPK tak kunjung menaikkan status kasus Anggodo menjadi penyidikan, menurut dia, ini berarti prestasinya sama dengan kepolisian. Seperti diketahui, kepolisian sempat melayangkan pemanggilan kepada beberapa pihak untuk mengungkap kasus ini.

Dalam surat panggilan terhadap Ari Muladi, tertulis 6 pasal pidana termasuk pencemaran nama baik, dicantumkan pada terlapor. Menariknya, sampai berkasnya dilimpahkan ke KPK, kepolisian tak menyebut identitas terlapor. Justru Ari yang menduga bahwa orang itu adalah Anggodo. Ari sendiri sempat ditahan atas laporan Anggodo karena dituding menggelapkan uang Rp 5,15 miiar yang seharusnya dibagikan ke pimpinan KPK dengan maksud menghentikan penyidikan kasus Masaro yang membelit sang kakak, Anggoro Widjojo.

JAKARTA- Rapor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama 2009 dinilai lebih buruk dibanding tahun 2008. Indonesia Corruption Watch (ICW) memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News