Kinerja KPU Diklaim Makin Baik

Kinerja KPU Diklaim Makin Baik
Kinerja KPU Diklaim Makin Baik

jpnn.com - JAKARTA – Dari hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terhadap kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU), terlihat adanya peningkatan.

Pada Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) 2013, KPU dinyatakan memeroleh predikat penilaian CC dengan poin 54,28. Meningkat dari tahun 2012 yang hanya memeroleh poin 50,85.

“Hasil ini merupakan akumulasi dari kinerja dan kerja sama semua satuan kerja (satker) KPU. Untuk komponen perencanaan kinerja dan capaian kinerja, nilai KPU cukup bagus. Ke depan tentu akan terus kita tingkatkan pada semua komponen penilaian, agar mendapat nilai yang lebih baik lagi,” ujar Ketua KPU RI Husni Kamil Manik, di Jakarta, Senin (9/12).

Menurut Husni, Kemenpan RB memberi penilaian baik, karena melihat KPU cukup berhasil mengimplementasikan perencanaan kinerja dengan menetapkan perencanaan strategis (renstra), rencana kinerja tahunan (RKT) dan penetapan kinerja (PK), baik untuk tingkat sekretariat jenderal maupun unit kerja.

“Ke depan KPU membutuhkan penguatan dalam hal penyusunan indikator kinerja untuk mengukur tingkat capain strategis, sekaligus menyusun rencana aksi atas kinerja yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari upaya pemenuhan target-target kinerja dalam setiap penetapan kinerja,” ujarnya.

KPU kata Husni, perlu mengembangkan indikator kinerja individu yang mengacu pada indikator kinerja unit kerja.

“Kerja setiap individu di jajaran penyelenggara pemilu harus terukur. Karena itu harus dirumuskan indikator dan standarnya secara detail. Indikator kinerja itu harus pula berorientasi pada hasil dan relevan untuk mengukur pencapaian sasaran strategis,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, KPU menurut Husni, mutlak membutuhkan teknologi informasi, untuk kemudahan dan keakurasian pengukuran kinerja. Dengan teknologi, KPU akan mudah menghimpun, mengolah dan memberikan penilaian terhadap kinerja setiap individu, unit kerja dan satuan kerja.

JAKARTA – Dari hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terhadap kinerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News