Kinerja Pemerintah Terkait Pendapatan Negara Meningkat, Ketua Banggar Siap Mendukung Orang Ini

Kinerja Pemerintah Terkait Pendapatan Negara Meningkat, Ketua Banggar Siap Mendukung Orang Ini
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah memuji kinerja pemerintah atas pencapaian pendapatan negara yang terus meningkat di tengah kondisi ekonomi global yang masih tidak menentu akibat terdampak pandemi Covid-19.

Hingga November 2021 atau kurang sebulan tutup buku, pendapatan negara telah mencapai Rp 1.699,4 triliun atau 97,5 persen dari target pendapatan negara pada APBN 2021 sebesar Rp 1.743,6 triliun.

“Banggar DPR RI terus memberikan dukungan kepada pemerintah khususnya Menteri Keuangan (Sri Mulyani) yang secara disiplin mengawal dan mengelola APBN kita,” ujar Said di Jakarta, Rabu (22/12).

Menurut Said, kedisiplinan diperlukan agar APBN tidak keluar jalur sehingga fiskal tetap terkendali dan pruden.

“Namun, saya tetap mengharapkan ada transformasi kebijakan yang terus dijalankan ke depan. Sebab masih terdapat kelemahan-kelemahan fundamental dalam postur pendapatan negara kita," kata Said.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini menjelaskan penopang utama pendapatan negara dari Januari November 2021 adalah naiknya beberapa harga komoditas dunia yang menjadi tumpuan ekspor selama ini.

Misalnya, PPh Migas yang naik hingga 57,7 persen dari tahun lalu, termasuk sumbangannya ke PPN yang juga naik 19,8 persen secara tahunan.

Dampaknya, penerimaan perpajakan realisasinya lebih baik ketimbang tahun lalu.

Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah memuji kinerja pemerintah atas pencapaian pendapatan negara yang terus meningkat. Said secara khusus menyebut nama ini, siapa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News