Banggar DPR Kunker ke Jabar, Kang Cucun: Keadilan Fiskal Bagi Daerah Segera Diwujudkan

Banggar DPR Kunker ke Jabar, Kang Cucun: Keadilan Fiskal Bagi Daerah Segera Diwujudkan
Wakil Ketua Banggar DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal saat memimpin rapat Banggar DPR RI di Aula Gedung Sate, Bandung, Selasa (14/12). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, BANDUNG - Banggar DPR RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Jawa Barat pada Selasa (14/12/2021).

Kunker tersebut memiliki nilai strategis bagi keberlanjutan pembangunan di Jawa Barat, terutama dalam pengelolaan dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) pasca-pengesahan UU Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat Daerah (HKPD).

Pertemuan antara Banggar DPR RI dan seluruh kepala daerah di Jawa Barat juga dihadiri oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan.

“Seluruh kepala daerah harus memanfaatkan pertemuan ini untuk menyampaikan permasalahan fiskal yang dihadapi sehingga keadilan fiskal bagi daerah bisa segera terwujud,” kata Wakil Ketua Banggar DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal saat memimpin rapat Banggar DPR RI di Aula Gedung Sate, Bandung, Selasa (14/12).

Cucun yang juga legislator Dapil Jawa Barat II itu mengungkapkan krisis multidimensi yang disebabkan oleh Covid-19 mengharuskan perlu memperkuat kolaborasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah.

Menurut dia, kebijakan fiskal yang sudah didesain oleh pemerintah pusat harus bisa diimplementasikan di daerah.

Kang Cucun mengatakan Jawa Barat sebagai daerah dengan jumlah penduduk paling besar di Indonesia memiliki peran penting untuk mendorong pertumbuhan dan stabilitas ekonomi nasional.

Dia mengingatkan jangan sampai kabupaten/kota di Jawa Barat tidak bisa memanfaatkan keberadaan TKDD sehingga dana yang dialokasikan pemerintah pusat tersebut tidak berdampak bagi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

Menurut Kang Cucun, seluruh kepala daerah harus memanfaatkan pertemuan ini untuk menyampaikan permasalahan fiskal yang dihadapi sehingga keadilan fiskal bagi daerah bisa segera terwujud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News